Bagai Bunga Raya, Dia Mekar Setiap Hari


 
Pameran Seni Rupa Lukisan dan Gambar
Erna Pirous
Bagai Bunga Raya, Dia Mekar Setiap Hari
Like Hibiscus, She Blooms Everyday

27 Oktober – 29 Desember 2017
Serambi Pirous Studio Galeri
Jl. Bukit Pakar Timur II/111

Serambi Pirous menyelenggarakan Pameran tunggal perupa senior perempuan, Erna Garnasih Pirous. Pameran ini menampilkan 44 karya lukisan dan 14 drawing yang dibuat semenjak masa studinya di Studio Seni Lukis, Departemen Seni Rupa ITB di tahun 1960. Judul pamerannya adalah “Like Hibiscus, She Blooms Everyday”, sesuai dengan salah satu judul karyanya yang dibuat tahun 2006.

 
Pameran dibuka pada tanggal 26 Oktober 2017 oleh Rita Widagdo, dan akan berlangsung selama 2 bulan, hingga 29 Desember 2017. Tempatnya adalah di Studio Galeri Serambi Pirous, Jl. Bukit  Pakar Timur II no 111. Pameran terbuka untuk publik di hari dan jam kerja.

Erna Garnasih Pirous lahir di Kuningan, 2 September 1941, merupakan anak ke dua dari tokoh angklung Daeng Soetigna dan Masjoeti. Erna  kecil sangat suka menggambar sambil mendengar atau memainkan alat musik. Ia bersama ayahnya gemar membuat gambar ilustrasi di buku-buku music dan lagu – lagu Belanda. Kemudian semenjak menjadi mahasiswi senirupa, Erna  memutuskan untuk menjadi pelukis karena menurutnya melukis lebih membebaskan untuk berekspresi. Baginya,  seni lukis pada prinsipnya sama seperti musik,  berhubungan dengan persoalan irama dan komposisi tentang objek ataupun kejadian umum yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.

 
Meskipun tidak selalu berkarya secara intensif, Erna konsisten melukis dan menggambar di tengah-tengah kesibukannya mendampingi suami – seniman dan akademisi A.D. Pirous – serta perannya sebagai seorang ibu rumah tangga. Ia bagaikan Bunga Raya yang mekar di setiap waktu (Like Hibiscus, She Blooms Everyday), berkarya sepanjang tahun, dan akan terus berkarya.
 
Iwan Pirous